Tentang Kami

 

Rektor

Rektor

 

 

 

 

 

 

UNIVERSITAS SIMALUNGUN

 

 

 

1.  SEJARAH PENDIRIAN USI.

 

Sejak tahun 1963, dengan didorong oleh pengalaman pahit getirnya masyarakat dalam memperoleh pendidikan, khususnya pendidikan  tinggi dan oleh karena rasa tanggung jawab dalam mempersiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat Siantar Simalungun, Mayor Radjamin Purba, SH selaku Bupati KDH Tingkat II Simalungun memprakarsai berdirinya sebuah universitas yang lengkap di Simalungun – Pematangsiantar.

Gagasan untuk mendirikan Universitas yang lengkap di Kabupaten Simalungun oleh Bupati turut didukung oleh Peserta Seminar Kebudayaan Simalungun se-Indonesia Tahun 1964 di Pematangsiantar.

 

Prakarsa untuk mendirikan universitas di Simalungun – Pematangsiantar oleh Bupati Simalungun, dilanjutkan dengan musyawarah yang dilaksanakan pada tanggal 18 September 1965 di DPRD-GR Tingkat II Simalungun yang dihadiri oleh Ketua-ketua Partai Politik Progressive Revolusioner yang berporoskan Nasakom, Pantja Tunggal Kabupaten Simalungun dan Kotapradja Pematangsiantar, Pemimpin Perusahaan Perkebunan Negara dan Swasta Nasional, Pengusaha-pengusaha Nasional, Orang-orang terkemuka, Tjendekiawan dan Sardjana, Kepala Sekolah Lanjutan Atas Negeri dan Swasta, serta para undangan lainnya, dimana seluruhnya menyatakan persetujuan dan sokongan sepenuhnya serta dorongan yang sebesar- besarnya atas prakarsa yang diajukan Bupati Simalungun untuk mendirikan universitas lengkap yang diputuskan dengan rasa tanggung jawab terhadap bangsa dan negara serta penyelesaian revolusi Indonesia yang berketetapan hati dan seia-sekata untuk mendirikan sebuah universitas yang lengkap di Simalungun/ Pematangsiantar dengan nama Universitas Simalungun (USI).

Pada pertemuan tersebut, gagasan untuk mendirikan universitas dimaksud dilanjutkan dengan penandatanganan PIAGAM PERNJATAAN yang ditanda tangani untuk merealisasi kebulatan tekat terhadap pendirian Universitas Simalungun.

Dalam piagam tersebut telah tersusun suatu Badan yang bernama Yayasan Universitas Simalungun dengan susunan pengurus :

a. Ketua Umum I       : Bupati Kepala Daerah Simalungun

b. Ketua Umum II      : Walikota Kepala Daerah Kotapraja P. Siantar

c. Ketua I                    : Kapten Sohor  Simarmata (Kodim 0204 Simalungun)

d. Ketua II                  : M.A. Effendi, SH (Hakim Pengadilan Negri P.Siantar)

e. Ketua III                 : A. Dj. Purba (Ketua PNI Cabang Simalungun)

f. Sekretaris I             : Patuan Naga Nasional (Wedana Ka.Bag.III Ktr Bupati Simalungun)

g. Sekretaris II           : M.A.Saragih (Wkl. Ka Bagian III Ktr Bupati Simalungun)

h. Bendahara            : R.E. Damanik (Wkl. Ka. Bagian VI Ktr Bupati Simalungun)

i. Ketua Seksi keuangan : Eutrisno (Pemimpin Bank Negara Indonesia Unit III P.Siantar)

j. Anggota                       : Terdapat 47 Anggota Pengurus Yayasan USI

(seperti tertera dalam dalam PIAGAM PERNJATAAN)

Dengan ditanda-tanganinya PIAGAM PERNJATAAN, maka Piagam ini menjadi acuan dalam penyusupan Pengurus Yayasan USI selanjutnya yang dituangkan dalam Akte Pendirian .

Sejak ditandatanganinya piagam pernyataan bersama dimaksud, maka oleh oleh Yayasan Universitas Simalungun melakukan pengurusan dalam mewujudkan pendirian Universitas Simalungun. Upaya yang dilakukan oleh pengurus yayasan ketika itu, membuahkan hasil :

1.   Pada tanggal 10 Februari 1967 didirikan Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Pertanian.

2.   Pada tanggal 16 Februari 1968 berdiri Fakultas Hukum.

3.   Pada tanggal 1 Maret 1970 berdiri pula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

4.   Pada tanggal 16 Februari 1976 berdiri Fakultas Teknik.

 

Dalam perjalanannya Fakultas Kedokteran, karena keterbatasan sarana dan prasarana serta tenaga akademik tidak diteruskan pembukaannya. Namun cita-cita oleh para pendiri sejak tahun 1963 untuk mewujudkan universitas yang lengkap dan terbesar di luar kota Medan telah diwujudkan dengan kerja keras dan pengabdian tanpa imbalan yang berarti yang semuanya adalah demi tanggungjawab mempersiapkan SDM yang berkualitas di daerah ini dalam tujuan pembangunan Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar secara khusus dan Negara Republik Indonesia pada umumnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar, sebagai pendiri Universitas Simalungun dapat dilihat dengan investasi yang diberikan dalam perwujudan pendirian Universitas Simalungun. Bermodalkan dari satu juta rupiah (mungkin nilai saat ini ~ 10 Milyar), disusul dengan pengeluaran kebijakan (baca = PERDA) oleh DPRD-GR untuk pemungutan sumbangan sebesar Rp. 5,-/kepala keluarga sampai dengan pengadaan areal kampus seluas 38 hektar serta pembangunan fasilitas gedung, jalan, dan lain sebagainya, maka jelas bahwa Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar merupakan pemilik dari USI. Hal ini dikuatkan Mansen Purba dalam Penepungtawaran Sarjana Simalungun, dikatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar memiliki keterlibatan yang terkait langsung dalam pengelolaan/ pengembangan Universitas Simalungun. Lebih dikuatkan lagi dalam akte notaris No. 1 Tahun 1996, Pasal 5 tentang Kekayaan dan Pendapatan Yayasan USI vide ayat 1.a. disebutkan bahwa pendapatan berasal dari subsidi tetap dari Pemerintah Daerah Kabupaten Simalungun dan dari Pemerintah Kotamadya Pematangsiantar, demikian juga dengan isi akte No. 1 Tahun 1982 dan selanjutnya.

 

2.  FISIK KAMPUS UNIVERSITAS SIMALU NGUN

 

Kampus Universitas Simalungun (USI) terletak di jantung kota Pematangsiantar, berada di jalan lintas Medan – Pematangsiantar – Parapat, dengan luas kampus ±38 hektar, yang ditempati oleh bangunan perkantoran beserta fasilitas pendidikan serta gedung perkuliahan, laboratorium, perpustakaan, kebun percobaab, unit-unit penunjang, gedung auditorium, rumah dinas rektor, rumah dosen, mess, gedung SMIP, gedung SMA, cafetaria, dan lain-lain.

Luas seluruh bangunan adalah 11.755,m2, sedangkan 268.244, 5 m2 digunakan untuk jalan, lapangan olah raga, taman dan kebun kelapa sawit.

 

3.  VISI DAN MISI UNIVERSITAS SIMALUNGUN

   

Visi  Universitas Simalungun adalah :

 

“USI sebagai sub sistem pendidikan tinggi nasional yang mempunyai komitmen penuh untuk menegakkan Pancasila dan UUD 1945, sebagai pusat pendidikan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu bersaing secara global dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; sebagai pusat pengabdian pada masyarakat, mampu berperan sebagai pusat konsultasi dan rujukan bagi dunia usaha/industri, aktif dalam pengembangan wilayah, dan mampu memberdayakan masyarakat Dalam proses pembangunan nasional”

 

Misi Universitas Simalungun adalah :

 

“Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat selaras dengan cita-cita pendirian yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan membina masyarakat ilmiah yang sehat serta meningkatkan peranan USI dalam membina masyarakat

khususnya masyarakat pedesaan, melalui peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mengamalkannya sesuai dengan sumberdaya manusia yang tersedia”

 

 

2 responses to “Tentang Kami

  1. apakah bisa manerima mahasiswa baru yang bekerja? yang mungkain masuk kuliah hanya bisa 2 kali dalam seminggu.

    • Buat Hendra Saputra.
      Benar Fakultas Pertanian memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya pekerja yang ingin melanjutkan studi di Fakultas Pertanian USI. Sudah lebih dari 5 tahun kita mengelola Kelas Intensif khusus bagi pekerja….info selanjutnta hubungi 082160738538, Marulam Simarmata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s